Trik Menulis Artikel Blog Agar Banyak Dibaca



Menulis artikel yang baik menjadi bagian penting dalam dunia blogging. Dengan begitu, pengunjung yang membaca postingan akan termanjakan dengan sajian bahasa yang nyaman dan mudah dicerna.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat artikel adalah :

#1 Tema
Tema sangat menentukan kualitas sebuah artikel. Untuk memilih tema yang tepat, sesuaikan dengan kebutuhan. Kita dapat memilih tema-tema yang segar dan banyak disukai pengunjung. Agar tampil lebih spesial, gunakan sudut pandang yang berbeda dalam mengupas suatu tema. Misalnya, media sedang ramai mengupas kedatangan Raja Salman, kita dapat mengupas sisi unik lain, seperti kehidupan percintaan putri raja, dan sebagainya.

#2 Bahasa
Bahasa menjadi faktor penting dalam membuat artikel. Tak perlu terlalu sibuk dalam memikirkan kaidah penggunaan bahasa yang baku dan intelek. Pada prinsipnya, bahasa yang baik adalah bahasa yang ringan, mudah dipahami dan memanjakan penalaran. Beberapa cara yang sering ditempuh oleh para blogger adalah dengan menggunakan paragraf pendek. Cara ini akan efektif karena pengunjung tidak perlu mengernyitkan dahi terlalu dalam dalam memahami kalimat yang disajikan.

#3 Gunakan tanda baca dengan cerdas
Tanda baca koma (,) dan titik (.) memiliki pengaruh yang tinggi dalam menyusun sebuah artikel. Efektifkan kedua tanda baca ini secara proporsional. Caranya mudah, baca artikel dengan bersuara dan tidak sekedar membatin. Jika kita mampu membaca tanpa mengatur nafas dengan kedodoran, itu artinya artikel kita cukup memenuhi kelayakan.

#4 Sertai ‘joke’ jika diperlukan
Banyak blogger yang mengemas artikelnya dengan menyisipkan berbagai kalimat yang menghibur. Tujuannya tentu akan pengunjung tidak jemu dalam membaca. Namun hal yang perlu diingat, jangan sampai terlalu berlebihan. Ingat, situasi (mood) pembaca itu berbeda, ada yang serius ada pula yang santai. Penggunaan joke yang tepat pada tulisan  menghadirkan suasana membaca lebih segar lagi.

#5 Hindari Musik
Banyak blogger yang menyisipkan musik dalam blognya. Adakalanya mungkin menghibur, namun bisa jadi malah mengganggu. Prinsipnya, tidak semua pengunjung terhibur dengan jenis musik tersebut. Dalam beberapa kesempatan, bahkan banyak pengunjung yang tidak menyukai bunyi apapun dalam berselancar. Jadi, jalan tengahnya lebih baik menghilangkan musik dalam blog.

 #6 Rapih
Salah satu unsur kenikmatan membaca adalah jenis tulisan (font) yang enak dilihat. Upayakan jangan menyetting font yang menurut kita indah, tapi menurut pembaca justru memusingkan. Kita dapat mencari informasi font-font pilihan yang sering digunakan para blogger dalam menyajikan postingan mereka.

Begitulah cara “Trik Menulis Artikel Blog Agar Enak Dibaca”, semoga bermanfaat. Jangan lupa comment and share, ya?


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Trik Menulis Artikel Blog Agar Banyak Dibaca"

Posting Komentar