Cara Penulis Pemula Menghasilkan Uang


Sobat  Unyus Indonesia,
Teknologi informasi yang kian berkembang, membuat para kreator online memiliki berbagai cara dalam mengais rejeki. Salah satunya adalah penulis yang masih pemula, maupun yang sudah mahir (profesional). Ini sebenarnya prospek yang cukup bagus, mengingat dunia tulis-menulis menjadi sarana utama dalam menyampaikan informasi di jaman sekarang ini. Paradigma informasi digital yang kian bergerak naik, membuat tulisan memiliki magnet khusus bagi pembaca.

Di satu sisi, kegalauan muncul di sana-sini. Banyak penulis yang bingung kemana tulisannya akan dikirim, atau di dengan cara apa supaya ide yang dimiliki mampu menghasilkan rupiah. Sekedar motivasi, Mimin sendiri setidaknya sudah beberapa kali mendapatkan rejeki dari menulis. Dan kesemuanya, diperoleh dengan menempuh berbagai cara.

Berikut beberapa cara yang dapat dijadikan referensi agar tulisan kita berezeki :


Ikut Kontes Menulis
Banyak sekali para penulis yang mengadu nasibnya melalui jalur ini. Caranya mudah, cari informasi tentang kontes menulis di google, pahami syarat dan ketentuannya, lalu kirimkan naskah kita.



Perbedaan kontes menulis ini dengan lomba blog, terletak pada prosesnya. Kalau kontes menulis, peserta menuliskan karya pada media yang dimiliki penyelenggara. Lalu, mereka akan melakukan seleksi (moderasi) untuk menentukan apakah tulisan kita layak tayang di web mereka atau tidak. Jika iya, secara otomatis tulisan kita akan ditayangkan dan siap untuk berkompetisi dengan peserta lain.


Ikut Lomba Blog
Lomba blog juga merupakan ajang yang baik untuk membuat tulisan kita layak mendapatkan penghargaan. Namun, ada banyak faktor yang mendukung agar tulisan kita masuk nominasi. Salah satunya, adalah dengan menampikan hal-hal teknis yang mendukung juri memberikan nilai tambah. Misalnya saja, kualitas gambar yang disisipkan, grafis, animasi, video dan lain-lain.



Tapi ingat, bagi pemula, bedakan antara kontes blog  yang mengutamakan kualitas tulisan dengan kontes seo yang mengutamakan kehebatan di mesin pencari. Jika baru belajar nulis, lebih baik cari yang selain seo, sembari belajar seo.


Membuat Atikel di Web Orang
Ada juga web yang mau membayar setiap tulisan yang kita kirimkan. Contohnya adalah vebma.com dan uc news. Kedua web ini menjanjikan untuk membayar setiap tulisan kita yang nongkrong di sana. Syaratnya, meski berkualitas dan menimbulkan minat baca yang tinggi bagi pengunjung.  




Silahkan sobat berkunjung ke web itu dan baca informasi lengkapnya.

Menerbitkan Buku Secara Mandiri
Untuk dapat diterima oleh penerbit besar, mungkin ada banyak syarat yang meski terpenuhi.  Selain seleksi yang ketat, juga daftar antrian yang panjang. Banyak penulis yang mengambil jalan pintas agar tulisannya lekas terbit dalam bentuk buku. Untuk urursan marketing, para penerbit mandiri akan siap membantu. Cara itu sering disebut dengan menerbitkan buku sendiri atau self publishing.



Salah satu web terpercaya yang mampu menerbitkan secara cepat karya sobat misalnya saja nulisbuku.com. Di sana, sobat tidak perlu melewati proses yang rumit. Cukup kirim naskah, dan dijamin terbit.


Demikian beberapa dari sekian banyak cara agar penulis pemula mendapatkan rejeki dari tulisannya. Semoga dapat dijadikan bahan referensi untuk sobat semua.

Jangan lupa share dan koment ya, jika informasi ini dirasa bermanfaat.
   



   

0 Response to "Cara Penulis Pemula Menghasilkan Uang"

Posting Komentar