Trik Menulis Judul Artikel yang Baik




Sobat Unyus Nusantara,
Judul sebuah artikel sangat menetukan minat orang untuk membaca. Judul yang baik dan memancing rasa penasaran, berpotensi mengundang pembaca lebih banyak lagi.

Sebaliknya,  judul yang biasa-biasa saja, akan berkesan kurang segar dan tidak diminati. Kalau sudah begitu, pembaca biasanya malas membaca keseluruhan isi artikel. Padahal, isi dari artikel itu belum tentu seburuk judulnya.

Nah, kesempatan kali ini, Om Mimin akan membagikan sebuah trik sederhana dalam menyusun judul. Tujuannya,  agar nantinya mampu memberikan kesan yang baik dan mewakili keseluruhan isi artikel.

Upayakan judul yang kita buat menumbuhkan rasa penasaran yang tinggi bagi pembaca. Triknya, gunakan kalimat yang tepat , sederhana tapi mengesankan.

Coba perhatikan beberapa contoh judul berikut :

Ayahku Pahlawanku
Cara Agar Blog Menghasilkan Uang
Rahasia Sukses Jualan dengan Blackberry Messenger

Lalu coba bandingkan dengan yang ini :

Ayahku, Tukang Becak yang Kini Jutawan
Ngeblog Setahun, Rekening Penuh Terisi
Sekali Broadcast, Orderan Ngantri

Sekarang bayangkan jika sobat adalah pembaca, mana kira-kira judul yang lebih greget dan memancing rasa penasaran? Yang atas atau yang bawah?

Jika sobat pilih yang bawah, berarti sama dengan Om Mimin. Alasannya, tentu karena lebih menggairahkan dan memancing minat baca. Efeknya, artikel yang kita sajikan memiliki kesempatan untuk dibaca oleh banyak orang.

Kesimpulannya, pada judul yang atas, terkesan umum dan kurang spesifik. Sehingga, orang tidak bisa memahami sisi menarik dari artikel kita. Sebaliknya, judul bagian bawah lebih spesifik dan menunjukkan “topik menarik” yang akan dibahas pada artikel.

Nah, sobat unyus bisa mencobanya sekarang...
Jangan lupa share dan koment ya?



Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Trik Menulis Judul Artikel yang Baik"

  1. Sepakaaat banget mas. . Judul yg menarik akan membuat pembaca tertarik untuk membaca seluruh isi artikel. . Jd harus pandai" membuat judul blog yg baguss yak. . Tfs mas. .

    BalasHapus