Cara Jual Pulsa Menggunakan Aplikasi Gratisan Kasir Toko Portable




Pengertian Kemitraan Agen Pulsa Kasir Toko Portable

Program Kemitraan Agen Pulsa Kasir Toko Portable adalah program yang diluncurkan oleh GentaTekno (selaku developer aplikasi Kasir Toko Portable), untuk seluruh user Kasir Toko Portable agar dapat berjualan pulsa secara langsung di aplikasinya masing-masing.

Jika Anda mengikuti program ini, Anda akan menemukan fitur baru bernama Agen Pulsa di aplikasi Kasir Toko Portable Anda

Proses penggunaannya dirancang untuk awam, Anda tidak perlu menghafal banyak kode atau perintah tertentu. Cukup lakukan transaksi penjualan seperti biasa, maka otomatis masuk ke nomor customer Anda.

Kabar baiknya lagi, selain dapat menjual pulsa, paket data, token listrik dan PPOB, transaksi Anda bisa langsung masuk ke pembukuan di Aplikasi Kasir Toko Portable. Jadi, Anda tidak perlu was-was lagi dengan laporan keuangan Anda.

Nantinya, setiap user dari latar belakang usaha manapun (tidak terbatas pada pemilik counter HP atau usaha sejenis), dapat turut serta berjualan dengan lebih praktis dan mudah.


Syarat  Bergabung dengan Program  Kemitraan Agen Pulsa Kasir Toko Portable

Merupakan user Kasir Toko Portable yang aktif

Program ini didedikasikan bagi user Kasir Toko Portable yang masih aktif. Tujuannya agar user lebih mudah karena dapat langsung diakses dari aplikasinya.

Bagi user yang belum pernah berjualan pulsa, program ini juga bertujuan untuk membuka peluang usaha.

Oleh karena itu, untuk dapat menikmati program ini,  Anda harus merupakan user Kasir Toko Portable yang aktif.

Silahkan klik link ini untuk mendownload dan menggunakan Aplikasi KasirToko Portable


Wajib menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.


GentaTekno berkapasitas sebagai pihak yang menawarkan kerja sama kepada Anda dengan beberapa syarat dan ketentuan. Sedangkan Anda berperan sebagai pihak yang pihak Genta Tekno tawari.

Karena bersifat penawaran, Anda boleh menerima dan boleh juga tidak. Jika Anda sudah menyetujui syarat dan ketentuan yang ada, silahkan bergabung.  Namun jika tidak, itu tidak menjadi masalah.


Bersedia menjalin kerja sama dengan prinsip kemitraan.

Prinsip kerja sama yang ditawarkan adalah kemitraan untuk bekerja sama saling membantu. Pihak Genta Tekno berkomitmen melayani sebaik-baiknya.

Sebagai penyedian layanan, mustahil dalam prosesnya tidak menemui kendala, baik itu teknis maupun non teknis. Disinilah prinsip kerja sama kemitraan pihak Genta Tekno ditawarkan dari awal.

Peranan Anda adalah mempercayakan segala sesuatunya kepada Genta Tekno. Tidak ada tekanan (pressure) maupun hal-hal lain yang tidak berorientasi solusi, tapi justru cenderung menghambat.

Pahami apapun yang menjadi kendala, lalu komunikasikan dengan baik kepada Genta Tekno. Selanjutnya, biarkan tim Genta Tekno bekerja lebih fokus dalam memberikan pelayanan optimal bagi Anda.


Anda bukan pemain lama yang sedang mencari harga semurah-murahnya.

Program Kemitraan Agen Pulsa Kasir Toko Portable didedikasikan untuk user yang ingin berjualan pulsa dengan nilai lebih dapat diakses di aplikasinya secara langsung dan juga masuk ke sistem pembukuan.

Jika Anda adalah pemain lama yang sedang mencari agen pulsa paling murah se Indonesia, mungkin Genta Tekno bukanlah pihak yang tepat.

Jika Anda minta list harga di awal, Genta Tekno tidak menyediakan.

Atau jika Anda memiliki distributor maupun sistem tersendiri,  itu tidak dapat dikoneksikan dengan sistem ini.


Bersedia melakukan pengisian saldo di jam-jam yang sudah pihak Genta Tekno tentukan.

Anda sepakat bahwa pengisian saldo deposit hanya dilakukan  di hari Senin - Minggu  Pukul 07.00 WIB s.d 17.00 WIB.

Alasan Genta Tekno mengeluarkan kebijakan itu adalah untuk memastikan bahwa deposit berjalan lancar.  Di jam-jam sesudah pukul 17.00 WIB, beberapa bank sering gangguan.


Menyetujui cara kerja sistem

Sistem pihak Genta Tekno secara otomatis melakukan pengecekan transfer deposit setiap 30 menit sekali. Artinya, jika Anda sudah transfer namun deposit belum masuk,  Anda wajib menunggu paling lama 1 jam.

Setelah 1 jam transfer deposit belum masuk ke saldo, Anda baru diperbolehkan untuk menghubungi customer service Genta Tekno agar dibantu pengecekan.


Paling lambat 2 (dua) hari sejak  permohonan kemitraan Anda disetujui, harus segera melakukan deposit.

Setelah permohonan kemitraan disetujui dan fitur agen pulsa sudah muncul di aplikasi Anda, segeralah melakukan deposit sesuai petunjuk yang akan pihak Genta Tekno jelaskan pada  bagian selanjutnya.

Jika dalam dua hari Anda belum juga melakukan deposit, maka fitur tersebut akan hilang dari aplikasi Anda.


Anda setuju dan memaklumi bahwa kecepatan transaksi tidak selamanya stabil dan tergantung operatornya.

Proses transaksi kadang sukses dengan cepat, kadang dalam proses (pending) atau kadang juga gagal. Itu diluar kuasa pihak Genta Tekno karena bergantung juga dengan operatornya masing-masing.

Ikut program ini berarti Anda bisa memaklumi hal itu dan berjanji tidak akan mengeluh. Silahkan, komunikasikan dengan Genta Tekno.  Jika tidak setuju, tidak perlu mengikuti ataupun mau mengikuti tapi dengan harapan bisa sempurna.


Anda siap menyepakati jika tiba-tiba pihak Genta Tekno memutuskan kerja sama secara sepihak dengan alasan yang tidak perlu dijelaskan oleh Tim Genta Tekno.

Jika pada akhirnya Anda tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang pihak Genta Tekno tawarkan sejak awal ini, pihak Genta Tekno berhak memutuskan kerja sama secara sepihak tanpa menyampaikan alasan-alasan tertentu kepada Anda.

Pihak Genta Tekno akan mengembalikan sisa saldo Anda via transfer. Setelah saldo terkirim, pihak Genta Tekno akan menghilangkan fitur agen pulsa dari HP Anda.


Beberapa Permasalahan dan Solusinya

Sudah transfer tapi saldo deposit belum masuk.

Solusi :
Pahami sistem yang otomatis melakukan pengecekan transfer deposit tiap 30 menit sekali.

Sistem tersebut artinya akan mengecek mutasi secara otomatis ke bank di menit ke 00 dan menit ke 30 tiap jamnya.

Contoh :              
Pukul 15.00
Pukul 15.30
Pukul 16.00
Pukul 16.30
Pukul 17.00
Pukul 17.30
dan seterusnya..

Contoh kasus :
Sistem melakukan pengecekan otomatis pada pukul 16.00 dan pukul 16.30, sedangkan Anda transfer pada pukul 16.05. Maka Anda membutuhkan waktu 20 menit lagi untuk menunggu saldo deposit masuk.

Solusinya :
Ketika Anda paham bahwa sistem melakukan pengecekan di pukul 16.00 dan 16.30, seharusnya Anda melakukan transfer pada pukul 15.50 atau pukul 16.20 agar tidak menunggu lama.

Jika lebih dari 30 menit Anda sudah transfer tapi saldo deposit belum masuk, maka Anda diperkenankan untuk menunggu paling lama hingga 1 jam.

Setelah 1 jam, langkah selanjutnya Anda harus segera menghubungi customer service Genta Tekno melalui fitur chat yang ada di aplikasinya.

Kemukakan permasalahan Anda, dan jangan lupa pastikan bahwa sebelumnya Anda hanya melakukan transfer di pukul 07.00 WIB s.d 17.00 WIB).


Transaksi Pending

Solusi :
Jangan order ulang voucher tersebut sebelum ada kepastian sukses atau gagal. Transaksi pending disebabkan karena masih menunggu proses dari operator (PLN/Telkomsel/Indosat, dll).

Selain itu, sistem clustering dari operator yang mengkondisikan agen tertentu untuk wilayah tertentu, juga berpengaruh terhadap transaksi yang akhirnya sedikit lebih lambat.

Ketika Anda mengalami pending, hal yang harus dilakukan adalah :

Jangan order ulang voucher tersebut untuk nomor yang sama sebelum ada kepastian sukses atau gagal.

Jika customer tidak bersedia menunggu, mintalah nomer teleponnya dan minta maaf karena permasalahan pending tersebut, dan untuk sementara harus menahan pembayarannya. Ketika sudah ada kepastian transaksi, segera hubungi customer tersebut.

Jalin komunikasi yang baik dengan customer. Caranya dengan obrolan ringan ketika menunggu pending agar customer tidak merasa bosan atau kecewa.

Perlu diingat, transaksi pending adalah masalah yang biasa terjadi dalam bisnis penjualan pulsa. Setiap agen, siapapun suppliernya pasti pernah mengalami hal serupa.

Anda yang baru pertama kali berbisnis pulsa, tak perlu risau dan dianggap menakutkan. Tenanglah dan hadapi situasi ini dengan baik.

Jika kemudian transaksi gagal, akan secara otomatis refund dana (saldo Anda dikembalikan).


Transaksi Gagal

Solusi :
Pastikan benar-benar gagal. Setelah yakin, silahkan ulangi lagi transaksinya.
Beberapa penyebab transaksi gagal :
  • Anda memasukkan nomor yang salah.
  • Nomor sudah melewati masa aktif.
  • Nomor telepon belum didaftarkan KTP dan NIK ke 4444.
  • Stok voucher sedang kosong. Silahkan pilih produk yang lain.
  • Operator voucher tersebut sedang dalam gangguan.
  • Khusus PPOB,  kemungkinan tagihan belum keluar atau sudah dibayar pihak lain.
  • Koneksi internet, baik internet Anda maupun internet server sedang bermasalah.



Salah kirim ke nomor yang salah.

Solusi :
Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini :

Jika pulsa sudah terlanjur terkirim ke nomor yang salah tapi ternyata nomor itu masih aktif, maka tidak bisa di-cancel.

Terkecuali,  jika nomor yang salah itu ternyata tidak ada yang menggunakan, maka transaksi akan otomatis gagal dan refund dana.

Dari pengalaman ini, Anda dituntut untuk berhati-hati ketika memasukkan nomor.  Pastikan Anda dan customer benar-benar yakin bahwa itu adalah nomor yang benar.

Pihak Genta Tekno tidak bertanggungjawab dan tidak bisa mengembalikan dana ketika Anda mengirim pulsa ke nomor yang salah tapi ternyata nomor tersebut aktif dan pulsanya masuk ke sana. Itu adalah murni kesalahan Anda!

Jika Anda beruntung, Anda dapat memohon untuk ditransfer kembali kepada  Anda. Tapi ini bukanlah hal yang mudah,  karena memang kesalahan Anda sendiri.

Lagi pula, kemungkinan dia mau transfer balik ke Anda juga kecil. Terkecuali,  jika dirinya benar-benar orang baik dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengamalkan Pancasila, UUD 1945 serta Dasa Darma Pramuka. "Mohon hal ini diperhatikan dengan baik"


Pending terlalu lama, minta refund saja.

Solusi :
Tetap harus menunggu sampai ada kepastian bahwa transaksi tersebut sukses atau gagal.

Anda tidak bisa semudah itu minta refund dana ketika pending terlalu lama. Alasannya, karena ini menyangkut perintah yang sudah masuk ke operatornya.

Mereka yang sudah lama bermain pulsa, akan paham dan bisa menyikapi hal ini dengan sabar dan bijaksana. Ini adalah hal wajar dalam dunia bisnis pulsa.

Silahkan Anda tunggu sampai ada kepastian sukses atau gagal. Segera hubungi tim Genta Tekno jika pending lebih dari 15 menit, pihak Genta Tekno akan terus memantau dan melacak transaksi Anda.

Sekali lagi, jangan bilang Anda minta refund dana jika ternyata masih pending. Alasannya sudah dijelaskan di atas.

Jika Anda tidak siap dengan resiko seperti ini, maka Anda termasuk orang yang tidak siap dengan resiko suatu bisnis.  Setiap bisnis pasti ada resikonya, kan?


Customer mengeluh karena tidak ada notifikasi pulsa masuk via sms.

Solusi :
Beritahu customer untuk melakukan cek pulsa secara manual. Bisa jadi sms notifikasi datangnya terlambat tapi sebenarnya pulsa sudah masuk.


Harga dasar produk berubah-ubah.

Solusi :
Harga produk voucher dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.



Begini Cara Berjualan Pulsa Menggunakan  Aplikasi Kasir Toko Portable

Langkah 1 :
Pastikan fitur Agen Pulsa sudah masuk di menuAplikasi Kasir Toko Portable Anda

Nantinya Genta Tekno akan mengirimkan pesan secara pribadi kepada Anda bahwa permohonan Anda sudah disetujui dan Anda diminta mengecek fitur tersebut di aplikasi Anda.

Jika nantinya pihak Genta Tekno sudah mengirimkan pesan tersebut tapi ternyata fitur Agen Pulsa belum muncul juga, maka lakukan hal-hal berikut ini  :

Pastikan Aplikasi Kasir Toko Portable Anda sudah yang paling update. Silahkan cek dengan cara buka Google Play Store, cari Kasir Toko Portable, lalu tekan UPDATE. Jika sudah tidak ada tulisan UPDATE berarti memang sudah paling update.

Logout Aplikasi Kasir Toko Portable Anda, lalu login kembali sebagai PEMILIK TOKO. Ingat, login dengan akun pemilik toko dan jangan login sebagai operator/karyawan. Fitur ini hanya dapat digunakan jika Anda login sebagai pemilik toko.

Pastikan koneksi internet aktif. Walaupun secara keseluruhan Aplikasi Kasir Toko Portable dapat bekerja offline (tanpa koneksi internet), namun khusus fitur Agen Pulsa wajib terkoneksi dengan internet.

Jika ketiga cara tersebut sudah dilakukan tetapi fitur belum masuk juga, silahkan hubungi pihak Genta Tekno melalui fitur chat yang tersedia di aplikasinya.


Langkah 2 :
Setelah fitur Agen Pulsa sudah masuk, tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran (langsung di fitur tersebut).

Silahkan simak gambar di bawah ini :




Berikut penjelasan masing-masing :

Username
Username yang dimaksud di sini bukanlah alamat email. Silahkan isi dengan nama pendek Anda, nama keluarga Anda, kekasih Anda, atau kalimat lain yang selalu Anda ingat.

Contoh :
mamun
bondan
melly
umucell
dan lain-lain
Pastikan Anda benar-benar mengingat itu. Karena jika sampai lupa, Anda tidak akan bisa login ke menu agen pulsa.

Password
Password adalah urutan kalimat unik dan tidak mudah ditebak orang, tetapi mudah diingat oleh Anda sendiri.  Jika perlu kombinasikan antara huruf dengan angka supaya aman.

Contoh :
m4mun87
bond4n321
m3ly456
umuc3ll678


Email
Setelah permohonan kemitraan Anda disetujui, alamat email sudah otomatis terisi. Jadi abaikan saja.

Nama Lengkap
Silahkan ketik nama lengkap Anda.

Nomor Handphone
Silahkan isi nomor HP Anda yang masih aktif. Ini juga penting jika suatu ketika pihak Genta Tekno mengirimkan kode OTP ke nomor HP Anda.

Nomor Identitas
Fungsi mengisi nomor identitas adalah untuk mengatasi permasalahan jika Anda lupa username dan lupa password, tapi Anda juga lupa password email Anda sendiri.

Pihak Genta Tekno ingin memastikan bahwa orang yang minta password ke pihak Genta Tekno benar-benar Anda. Itu dibuktikan dengan nomor identitas yang harus dikirimkan ke pihak Genta Tekno.

Ini untuk mengatasi tindak kejahatan (misalnya ketika HP Anda hilang) dan  si pelaku minta pasword ke pihak Genta Tekno untuk menguras saldo deposit Anda.

Jika semua data sudah diisi lengkap, akhiri dengan menekan DAFTAR.

Tahap berikutnya, Anda akan pihak Genta Tekno bimbing bagaimana caranya mengisi saldo deposit.


Langkah 3 :
Mengisi Saldo Deposit

Agar fitur Agen Pulsa dapat digunakan untuk berjualan, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi saldo deposit.

Apa itu DEPOSIT?

Deposit adalah melakukan transfer sejumah uang kepada pihak Genta Tekno untuk pihak Genta Tekno tukar dengan saldo yang nantinya dapat digunakan untuk berjualan pulsa, paket data, token listrik maupun PPOB".

Khusus Anda yang masih awam, deposit itu sangat penting. Jangan beranggapan bahwa setelah fitur agen pulsa aktif, Anda bisa langsung jualan tanpa deposit terlebih dahulu. Haha.

Bagian yang sangat penting ketika Anda melakukan deposit adalah menyertakan  KODE UNIK di belakang nominal yang Anda transfer. Dengan KODE UNIK, setelah Anda melakukan transfer, maka saldo akan otomatis masuk ke data saldo di aplikasi Anda.

Penasaran kan dengan deposit menggunakan KODE UNIK? Mari kita simak cara deposit menggunakan kode unik seperti pada gambar berikut ini :





Setelah Anda transfer dan menekan tombol KONFIRMASI, langkah selanjutnya adalah cek saldo di menu Data Saldo seperti pada gambar berikut :

Nah, itu adalah langkah-langkah untuk mengisi saldo deposit. Selanjutnya, Anda akan pihak Genta Tekno pandu bagaimana caranya mulai transaksi atau mulai jualan.


Langkah 4 :
Mulai Transaksi Pulsa dan Paket Data





Catatan Penting!
Proses pengiriman pulsa ke nomor customer biasanya berkisar 1-2 menit.
Jika di HP customer belum ada sms notifikasi, mohon menyarankan agar mengecek secara manual.
Jika belum masuk juga, mohon tidak melakukan transaksi dobel (mengirim ulang), gunakan tombol TANYA CS untuk memastikan tidak ada permasalahan lainnya.

-Menyimpan ke Pembukuan Kasir Toko Portable

Salah satu kelebihan mengikuti program ini adalah dapat dilakukan secara langsung di HP Anda sekaligus masuk ke pembukuan. Ini yang membuat banyak user Kasir Toko Portable semakin antusias.


Setelah transaksi sukses seperti dijelaskan di atas, tahap selanjutnya adalah menyimpan dalam pembukuan agar tercatat di aplikasi Anda.

Ini merupakan tahap yang penting karena Anda adalah pengguna Kasir Toko Portable yang wajib menyimpan semua jenis transaksi yang dilakuakan, termasuk penjualan pulsa, paket data, token listrik maupun PPOB.

Berikut tahap-tahap untuk menyimpan transaksi ke pembukuan Aplikasi Kasir Toko Portable :


-Menyimpan ke Menu Voucher



Harus Anda diketahui tentang menu Voucher :
  • Menu Voucher terletak di tombol navigasi bawah tombol Home dan Etalase.
  • Menu Voucher berguna untuk menyimpan transaksi penjualan pulsa yang sering Anda lakukan.
  • Produk yang pihak Genta Tekno tawarkan sangat banyak, sehingga untuk mempermudah mencari produk yang biasa Anda jual, nantinya dapat langsung dibuka di menu Voucher.
  • Agar dapat menyimpan produk pilihan di menu Voucher, terlebih dahulu Anda harus menekan tombol EXPORT ketika awal mula melakukan penjualan pulsa.
  • Setelah itu tentukan harga jualnya.
  • Jika sudah, tekan SIMPAN.
  • Barulah akan tersimpan di menu Voucher.
  • Jika beberapa produk pilihan sudah masuk dan terkumpul di menu Voucher, nantinya ketika melakukan penjualan Anda dapat langsung membuka menu ini.



Langkah 4 :
Cara Transasksi PPOB



PPOB (Payment Point Online Bank) adalah sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan, seperti pembayaran tagihan PLN paskabayar, TELKOM, PDAM, BPJS, cicilan motor dan lain-lain.

Untuk sementara ini, belum semua produk PPOB dapat digunakan dengan fasilitas Agen Pulsa di Aplikasi Kasir Toko Portable. Namun demikian, pihak Genta Tekno akan terus meningkatkan jumlah layanan PPOB.

Proses transaksi PPOB kurang lebihnya sama dengan penjualan pulsa.  Coba simak gambar berikut ini :


PERHATIAN!

Jika sudah benar-benar setuju dan berharap fitur Agen Pulsa segera muncul di Aplikasi Kasir Toko Portable Anda, silahkan balas pesan pihak Genta Tekno di chat sebelumnya  dengan mengetik SETUJU (spasi) JOIN

Contoh :
SETUJU JOIN

Setelah Anda mengetik SETUJU (spasi) JOIN, pihak Genta Tekno akan segera memberitahu Anda bahwa fitur Agen Pulsa telah aktif di HP Anda.

Jika pihak Genta Tekno belum mengirimkan pesan pemberitahuan tersebut, mohon bersabar karena harus mengantre.

Di halaman berikutnya, pihak Genta Tekno memberikan bonus tips dan trik berjualan pulsa khusus untuk Anda yang sudah tergabung di program ini.

Silahkan dibaca jika memang dibutuhkan.

Demikian Cara Jual Pulsa Menggunakan Aplikasi Gratisan Kasir Toko Portable, jangan lupa simak juga tips dan trik berjualan pulsa dengan klik link ini.



0 Response to "Cara Jual Pulsa Menggunakan Aplikasi Gratisan Kasir Toko Portable"

Posting Komentar