Tips Promosi Low Budget Hasil Meroket





Tidak ada batasan untuk menemukan ide promosi yang paling pas. Mengapa demikian? Karena menurut saya, promosi adalah kreativitas. Dan kreativitas mestinya tanpa batas.

Promosi itu tidak selalu buy 1 get 1, tapi dapat dilakukan sesuai situasi. Ketika Anda menggunakan aplikasi Kasir Toko Portable atau EQioZOlshop, kebijakan melakukan promosi dapat diambil setelah mengkaji data dalam pembukuan yang muncul di sistem.

Misalnya pada fitur pemeringkatan produk.  Anda dapat segera melakukan promo untuk produk-produk dengan peringkat buruk dan perputaran lambat (slow moving).

Dengan menempuh jalan ini, promosi Anda benar-benar dengan dasar dan analisa yang kuat.

Lalu, adakah jalan promosi lan yang dapat dijadikan pilihan?


Promosi Alamiah Selalu yang Terdepan

Di dunia ini, tidak ada kesuksesan yang dapat diraih secara instant. Semua meski butuh perjuangan, kesabaran, konsistensi dan ketelatenan.

Sebelum berpikir terlalu jauh menempuh jalan promosi dengan memasang iklan di televisi atau baliho, cobalah untuk tetap yakin bahwa promosi alamiah adalah yang terbaik.

Promosi alamiah adalah mengkondisikan agar produk kita semakin laris dengan menempuh jalan yang realistis, sepenuh hati dan dengan dasar kecintaan terhadap profesi.

Anda adalah pedagang, maka promosi terbaik adalah dengan menujukkan energi kecintaan terhadap profesi Anda sendiri.  Cintai pekerjaan Anda, maka pekerjaan akan mencintai Anda. Begitu kata Mas Tukul.

Bukti bahwa Anda mengembangkan energi kecintaan adalah dengan melayani konsumen sepenuh hati. Anda harus memantapkan seluruh elemen usaha Anda, termasuk karyawan, agar memiliki misi dan tujuan yang sama.

Akan keliru jika Anda bergegas ramah kepada setiap konsuman yang datang, sementara karyawan Anda bermuka masam. Tapi tenang, karyawan akan lebih sering meniru keteladanan bosnya.

Sesuatu yang dibangun dengan kecintaan akan menghasilkan value yang istimewa. Dan itu, akan mengalahkan biaya promosi jutaan lainnya. Itu dulu, dipercayai dulu.


Manfaatkan Kerajaan Sosial Media

Jajaran tips promosi low budget yang patut Anda pertimangkan adalah sosial media, Facebook contohnya.

Mengapa tidak? Sebagian sahabat dan kolega kita kini sedang sangat susah diajak bertemu, ternyata mereka sudah pindah ke negara bernama Facebook.

Sejak globalisasi dan gombalisasi, semua orang menjadi sangat aktif di media sosial. Mereka berkumpul dan beranak pinak di sana. Betul?

Ya, temui mereka dan susul dengan menjadi bagian dari warga negara Facebook. Lakukan interaksi dengan baik dan jangan lupa promosikan diri Anda dulu, baru produk Anda!

Mengapa begitu? Karena banyak orang sepertinya sedang mencoba hal yang sama seperti Anda, yakni promosi. Pesan saya, Anda tetap berbeda dan pasti berbeda karena telah membaca blog ini.

Silahkan klik ini untuk memulai promosi di Facebook dengan trik yang sangat elegan.
Asli, link tersebut wajib Anda klik.


Testimoni yang Jujur

Lakukan segera testimoni yang jujur, karena kejujuran adalah pangkal kesuksesan yang berkah. Sukses tapi tidak berkah, buat apa?

Jika ada customer yang datang, Anda dapat memberikan testimoni atas kepuasan customer sebelumnya melalui obrolan ringan yang rendah hati.

"Oh, ya. Kalau tidak salah, kemarin juga tetangga ibu yang ke sini. Beliau si bilang cocok"

Begitu contohnya. Ingat, tetap rendah hati dan jangan membual, jangan dilebih-lebihkan. Nanti kalau kedua customer itu bertemu dan mengatakan hal yang tidak semestinya, bisa malu.

Dan tentunya, testimoni yang sudah pasti teruji kejujurannya adalah customer yang puas yang menyampaikan ke calon customer pendatang baru lainnya.

Dalam hal ini, saya selalu mengingatkan untuk selalu jujur di awal. Ceritakan kondisi produk Anda, mutunya,  ketahanannya bagaimana, dan sebagainya.

Orang akan mudah memaklumi jika Anda sudah menceritakan dari awal. Sebaliknya, orang akan menganggap Anda gila jika Anda sudah tidak objektif mengatakan sesuatu.

"Jika memang yang diharapkan Anda seperti itu dan dengan biaya yang segitu, mungkin lebih baik Anda pilih merk ini. Merk ini kelebihannya ini, tapi juga pasti ada kekurangannya. Sekarang, semua terserah Anda"

Begitu, cantik kan?


Nitip Lembaran Fotokopian

Di toko Anda mungkin sedang ada promo buy one get one, atau beli 10 pcs Indomie gratis sambal Sasa, atau banyak lagi yang sebenarnya akan dipromokan.

Silahkan, Anda bisa mempercepat hasilnya dengan menyelipkan lembaran fotokopian di kantong belanjaan customer. Itu sopan, dan sah-sah saja.

Apa isi lembaran itu? Tentu saja berisi apa-apa yang sedang Anda promokan, kapan berakhirnya dan cantumkan kontak Anda untuk mengkonfirmasi.

Jika lembaran itu dibaca, maka akan ada dua kemungkinan. Pertama, customer tersebut akan datang kembali. Kedua, ia akan merekomendasikan ke orang terdekat dengan alasan sayang kalau tidak beli.

Apa iya bisa begitu? Komunikasikan di lembaran itu berupa tulisan, "Jika tidak berkeberatan, silahkan bagikan informasi promo ini ke orang terdekat Anda"

Namanya juga usaha, boleh-boleh saja? Kok fotokopian? Mampu cetak brosur yang bagus dan lebih mahal? Silahkan saja.


Member Card, Senjata yang Baik

Dalam member card ada nama dan nomor kontak yang harus Anda input. Itu adalah senjata Anda untuk mengirimkan pesan promosi.

Jika membernya gratis, katakan dengan jujur bahwa konsekuensinya nantinya Anda menghubungi via SMS jika ada promo tertentu.

Jika member tak gratis, tanyakan dulu apakah customer bersedia dikirimi pesan singkat? Jangan sampai, seseorang terganggu dengan promo Anda.

Selamat pagi pelanggan Toko Amelia
Mohon maaf aktivitas Anda terganggu dengan SMS ini
Kami sedang ada promo buy 1 get 1 untuk produk Casablanca.
Jika berkenan, silahkan datang ke toko kami.
Maaf, persediaan terbatas dan berlaku sampai akhir bulan ini.
Terima kasih, semoga kebahagiaan selalu menyelimuti hari-hari Anda

(Manajemen Toko Amelia)

Begitu contohnya. Jangan lupa, untuk mempermudah usaha Anda, gunakan aplikasi Kasir Toko Portable atau EQioZ Olshop.


Demikian, tips promosi untuk Anda, salam hangat.



0 Response to "Tips Promosi Low Budget Hasil Meroket"

Posting Komentar